Kurikulum

Kurikulum Pondok Pesantren Mafazah

Kurikulum MafazahKurikulum yang dikembangkan di Pondok Pesantren MAFAZAH adalah kurikulum terpadu. Namun pengertian “terpadu” bukan semata-mata difahami sebagai pemaduan atau pencampuran materi-materi pelajaran yang ada, baik muatan kurikulum negeri maupun muatan kurikulum local/pesantren –sebagaimana yang dikembangkan pada umumnya (red: pesantren). Tetapi, terpadu disini adalah adanya keterpaduan seluruh aspek dari materi pelajaran (subject matters), kandungan materi negeri dan pesantren, praktek dan teori, kegiatan di dalam dan di luar kelas, kegiatan intra dan ekstra-kulikuler, sistem pembelajaran di sekolah, pesantren salaf dan pesantren modern, singkat kata; sebuah kurikulum yang secara khusus didesain untuk mencapai tujuan pendidikan, yakni membentuk sosok pribadi yang berakhlak karimah, berpengetahuan luas, kreatif, mandiri dan berwawasan.

Kurikulum terpadu yang diterapkan di pesantren juga melibatkan perancangan kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan serta pengenala model pembelajaran yang aktif dan dinamis

Sesuai dengan visi kelembagaan Pondok Pesantren MAFAZAH yang semata-mata untuk beribadah kepada Allah dan implementasi dari fungsi kholifah Allah di atas muka bumi, maka materi atau isi pendidikan di Pondok Pesantren MAFAZAH secara garis besar mencakup empat unsur, yaitu :

Pendidikan Keimanan dan Ketaqwaan (Mu’amalah ma’allah war Rasul)

Pendidikan Keimanan dan Ketaqwaan dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai Aqidah, Syari’ah dan Akhlak Islamiyah ke dalam jiwa santri, dengan mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan ketiga hal tersebut dan membiasakan mereka hidup secara islami, sehingga mereka berproses menjadi manusia yang cerdas dan terampil dalam menyikapi, dan berhubungan Allah dan RasulNya dalam berbagai situasi dan kondisi.

Pendidikan Kepribadian (Mu’amalah ma’an-Nafsi)

Pendidikan Kepribadian dimaksudkan untuk menanamkan di dalam jiwa para santri nilai-nilai kepribadian yang luhur dan tangguh, yaitu dengan mengajarkan ilmu pengetahuan personalitas (matematika, logika, bahasa dan seni) dan berbagai teori tentang kepribadian (fisik atau psikis), serta membudayakannya dalam kehidupan para santri sehari-hari, sehingga mereka berproses menjadi manusia yang memiliki integritas pribadi, kecerdasan intelektual dan emosional, mandiri dan berkepribadian dalam bebagai aspek kehidupan.

Pendidikan Kemasyarakatan (Mu’amalah Ma’an Nas)

Pendidikah Kemasyarakatan dimaksudkan untuk menanamkan di dalam jiwa para santri nilai-nilai dan prinsip-prinsip hidup bermasyarakat, yaitu dengan mengajarkan ilmu pengetahuan sosial (sejarah, geografi, ekonomi, budaya, politik, tatanegara) dan berbagai tentang kemasyarakatan, kepimpinan dan keguruan, serta membudayakannya dalam kehidupan para santri sehari-hari, sehingga mereka berproses menjadi orang yang selalu berusaha untuk hidup harmonis bersama, dan bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya manusia.

Pendidikan Lingkungan Alam (Mu’amalah ma’al Alam wal Biah)

Pendidikan lingkungan Alam dimaksudkan untuk menanamkan dalam jiwa para santri nilai-nilai kehidupan bersama lingkungan alam, yaitu dengan mengajarkan ilmu pengetahuan alam (fisika, biologi, kimia), dasar-dasar teknologi atau ilmu-ilmu terapan, dan berbagai teori tentang pelestarian lingkungan, serta membudayakannya dalam kehidupan sehar-hari, sehingga mereka berproses menjadi orang yang mengenal alam, menguasai dasar-dasar teknologi dan memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi dalam proses pelaksanaan pendidikan sehari-hari, keempat materi pendidikan tersebut tercakup dalam empat kelompok bidang edukasi (KBE), yaitu Dirosat Islamiyah/Ulum Tanziliyah, Kurikulum Nasional, Ulum Arobiyahndan Ulum Tarbawiyah Ma’hadiyah. Setiap bidang edukasi harus mencakup dan mengacu pada keempat jenis materi pendidikan di atas.

Materi/Pelajaran ;

  1. Dirosat Islamiyah/Ulum Tanziliyah

  • Al-Qur’an wa Ulumuhu

  • Al-Hadits wa Ulumuhu

  • Al-Aqidah wa al-Akhlak

  • Al-Fiqih wa Ulumuhu

  • As-Siroh an-Nabawiyah

  1. Mapel Umum (kurikulum kemendikbud)

  • Pancasila, Kewarganegaraan dan HAM

  • Matematika

  • Ilmu Pengetahuan Alam

  • Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Bahasa Indonesia

  • Bahasa Inggris

  1. Pengetahuan Bahasa Arab

  • Al-Maharat al-Arabiyah

  • Al-Qowa’id al-Arabiyah

  • Al-Adaab al-Arabiyah

  • Dirosah Kutub At-Turats

  1. Ilmu-ilmu Pendidikan dan Kepesantrenan

  • Kesenian dan Keterampilan Vokasional

  • Kepramukaan, KePMR-an dan Pendidikan Baris-berbaris

  • Olahraga, Kesehatan dan Lingkungan

  • Kepemimpinan dan Manajemen

 

kontak Via facebook

https://www.facebook.com/PPM.Mafazah